Kamis, 04 April 2019

Dua Website Tempat Jualan Jasa dan Produk DIGITAL versi Upangman

suparman.id
Editing by Upangman

Pesatnya teknologi dan semakin berkembangnya kebutuhan manusia membuat para pengusaha terutamanya pekerja lepas harus berpikir bagaimana caranya menaikkan penghasilan. Seperti yang kita ketahui bersama, mall-mall besar yang ada di perkotaan mulai lesu dengan hadirnya e-commerce dan sejenisnya, bahkan ojek dan sarana transportasi lainnya sudah mulai tergerus dengan adanya moda transportasi digital seperti go-jek, grab dan lain-lain.

Pengusaha dan pekerja harus menyeimbangi perkembangan teknologi ini. Apalagi dengan kelumpuhan ekonomi dan kenaikan harga yang sangat berpengaruh kepada kelangsungan hidup para jomblower kerja, membuat kita harus semakin kreative dan inisiatif dalam mencari peluang-peluang baru dalam dunia usaha.

Saya memang bukan pengusaha atau praktisi yang ahli dalam bidang ekonomi, namun saya memiliki sedikit pengetahuan yang mungkin teman-teman belum tahu. Saya ingin berbagi mengenai tempat untuk menjual jasa atau keahlian yang kita miliki ataupun produk yang kita buat, khususnya yang berkaitan dengan dunia DIGITAL seperti, desain grafis, web development, editing video dll.
Keahlian itu harus diketahui oleh orang banyak, agar kita bisa membantu mereka serta tentunya kita bisa mendapatkan fee dari sana. 

Kamu juga bisa membantu mereka yang membuat produk DIGITAL, namun kurang paham cara mempromosikan produk mereka. Itu semua bisa kita lakukan hanya bermodalkan perangkat smarphone atau komputer yang terhubung internet. Tak perlu kerja seragaman, cukup pakai kolor kamu akan berasa kerja kantor (padahal saya juga mau kerja kantoran :v )

Berikut 2 website yang bisa kamu jadikan tempat menjual jasa dan produk digital serta tempat mencari produk digital untuk dijual.



Projects.co.id adalah sebuah marketplace atau website yang menyediakan tempat buat kamu menjual keahlian dalam bidang DIGITAL. Salah satunya adalah desain grafis, di sini kamu bisa menawarkan keahlianmu dalam membuat logo, banner, poster dll. Kamupun bisa memberikan harga sesuai hasil dan karya kamu.


Selain itu, kamu juga bisa mengambil project yang sedang dibutuhkan oleh client. Misalnya si A ingin membuk toko online, namun dia butuh logo dan banner untuk promosi. Maka di projects.co.id dia akan membuat sebuah posting agar diketahui oleh semua desainer. 

Namun kamu harus bersabar dan tetap semangat yah, karena di sini kamu bakal bersaing dengan ribuan desainer. Prinsip yang perlu kamu tanamkan adalah tak ada rezeki yang tertukar, intinya kamu usaha dan usaha.


Ratakan adalah sebuah website penyedia produk digital, seperti tutorial berbentuk e-book, tools online yang memudahkan kamu dalam bekerja secara digital.


Bagaimana cara kita mendaftar di sini?


2. Sigup menggunakan alamat email kamu.

Bagaimana cara menjual produk di ratakan dan sistemnya seperti apa?
Di ratakan.com kamu hanya menjual produk yang sudah disiapkan di list ratakan. Tinggal pilih produk yang kiranya bisa kamu jual. Setiap penjualan yang sukses, kamu bakal mendapat komisi dari sana. 

Contoh produknya  
single_review
Template desain powerpoint

single_review
e-book


Jika ada yang kurang jelas, cs di masing-masing marketplace siap sedia membantu kamu.
Selamat berjualan!