Rabu, 09 Mei 2018

Percantik Blog Menggunakan Template Keren dari Arlina Design

Tampilan blog ane

Hai sobat blogger! Tahu nggak sih, salah satu yang membuat pengunjung betah berlama-lama di blog/website adalah tampilan yang struktur dan eye-catching. Kalau kita membicarakan kata cantik, pastinya langsung terstigma dengan bayangan molek, adem dipandang, mata tidak berkedip (eh jangan! nanti kelilipan :D ), begitu pula dengan user interface sebuah website/blog.
Pada post thumbnail artikel ini atau gambar di atas teman-teman melihat tampilan blog saya SUPARMAN.ID. Itu adalah tampilan template dari Arlina Fitriyani seorang blogger yang memulai ng-blog dan membuat template secara otodidak (sekilas info ^^).

Nah, pada artikel kali ini, saya akan berbagi template buatan mbak Arlina tersebut. FYI (For Your Information) standar tampilan blog/website hanya memiliki 3 (tiga) struktur yaitu:
  1. Header (bagian kepala dari website/blog diantaranya menu, banner, logo blog dll)
  2. Content (Isi dari blog/website)
  3. Footer (Bagian bawah blog/website, biasanya berita ringkasan link, kontak kita dan copyright)

Oke, sebelum anda menanyakan mana link download atau bagaimana cara instalnya, saya terlebih dahulu menjelaskan beberapa bagian yang ada di template ini, antara lain:
  1. Header (Di sini ada logo/nama blog sobat, menu dan textbox pencarian)
  2. Feature Post ( Bagian ini menampilkan beberapa post terakhir yang kamu buat, namun feature ini hanya ada di home/beranda blog anda (landing-page))
  3. Image Banner ( Namanya image pasti berbentuk gambar yang bisa anda kreasikan sesuka hati, ukurannya 970x140 px (gambar di blog saya))
  4. Sidebar ( di bagian ini ada widget atau fitur-fitur blog yang bisa menambah kecantikan blog sobat)
  5. Post entry ( di sini ya ada artikel atau tulisan yang sobat posting beserta thumbnail/gambar depan )
  6. Footer ( biasanya pada bagian ini blogger/webmaster manaruh tahun, nama pembuat dan copyright. Ada juga yang menambahkan dengan menu, sehingga pengunjung lebih dipermudah dalam bernavigasi di blog. )

Saya berkesimpulan bahwa sobat sudah membaca beberapa informasi yang saya berikan di atas. Jika membacanya lompat-lompat demi cari link download, saya pastikan sobat sudah paham struktur template yang akan didownload dan diinstal. Baiklah bro/sis, berikut tahap demi tahap pemasangan templatenya :
  • Download templatenya di sini >>> KLIK/TAP UNTUK DOWNLOAD
  • Selanjutnya silakan masuk ke menu Blogger yang ingin sobat ganti templatenya. 
    Blogger.com > Tema 

    Pada tahap ini saya menyarankan sobat untuk BACKUP template yang sudah ada. Ini untuk menjaga kemungkinan teman-teman berubah pikiran untuk memakai template ini ^^.
  • Backupnya seperti gambar berikut
    klik nomor satu, maka akan muncul tampilan seperti berikut


    klik/tap tombol download tema maka secara otomatis template sobat ter-unduh

  • Proses backup sudah selesai, sekarang kita akan instal template barunya. Tahapnya sama seperti sobat akan backup template, hanya saja kita akan pilih menu lain yaitu Pilih File. Seperti gambar berikut. 

    pilih tombol "Pilih File"

    silakan pilih file templatenya dan open lalu UPLOAD, maka secara otomatis template sobat sudah terganti. 

  • Template sobat sudah terganti dengan tampilan yang masih berantakan tentunya, he. Jangan hawatir it okay! 

Pada dasarnya, template yang sobat instal adalah template yang saya instal di blog SUPARMAN.ID, jadi jangan heran jika semua tampilan baik menu maupun gambar serta link-link aktif yang ada di template itu, masih tercantol link yang saya taruh. Tetapi sobat jangan hawatir, saya akan memberikan step by step cara mengatur tampilan blog dengan template ini mulai dari menu sampai footer.

Untuk artikel kali ini saya sudahi sampai di sini, jangan bersedih! Newbie kalau berbagi memang suka gini, banyakan mikirnya mungkin efek galau, gundah dan merana ^^. Saya berharap bisa memberikan pemahaman yang baik dan benar walaupun saya sendiri masih bingung dalam memilih kata yang tepat untuk menjelaskan. Untung menjelaskannya tidak pakai kata, tambah blepotan deh, ya wes lah, sing penting sudah saya berikan link DOWNLOAD template ini. 

Semoga kita selalu sehat dan terus bisa berbagi, karena berbagi adalah peduli.

Keep Sharing and caring
@upangman

6 komentar

Silakan download n instal gan, selamat mencoba

Semacam ingin menyepi di ruangan dengan bandwith koneksi unlimited, trus ngopreki blog dg template ini.

Ncop yg warna biru dong bang Upang.

salam kenal om.. dengan lombok nih.. :)

Skrg sudah gak galau gundah gulana kan boskuh... Ayok tolong acak2 blog sy

OM Iqbal Mby, sini add sy jadi admin blognya haha